Budidaya Perairan VS Budidaya Perikanan

Yusuf mahasiswa budidaya perairan unhas terkendala saat ingin melamar sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan dinas perikanan kabupaten soppeng. Alasannya mahasiswa budidaya perairan angkatan 2002 ini bukan mahasiswa budidaya perikanan sebagaimana yang tertulis dalam penerimaan formatur PNS kabupaten soppeng. Tidak hanya yusuf, penerimaan yang berlangsung 11 desember – 25 desember ini pun menyebabkan banyak mahasiswa budidaya perairan yang tidak lulus seleksi berkas.

Mengantisipasi hal itu, yusuf bersama teman-temannya pun harus balik ke makassar yang menempuh waktu sekitar 3-4 jam perjalanan untuk mempertanyakan permasalahan ini ke pihak kampus. Alhasil, fakultas ilmu kelautan dan perikanan unhas mengeluarkan surat keterangan kesamaan istilah antara budidaya perairan dan budidaya perikanan. Isinya menjelaskan bahwa kedua istilah itu sama. Budidaya perairan menurut surat keterangan yang ditandatangani oleh pembantu dekan I FIKP, DR Ir Dody Dh Trijuno Mapp menuliskan bahwa budidaya perairan merupakan istilah yang diterjemahkan dari bahasa inggris ”aquaculture”; yaitu istilah yang digunakan untuk semua kegiatn yang berhubungan dengan kegiatan pembudidayaan yang dilakukan dengan meggunakan media air seperti budidaya ikan, rumput laut, kerang-kerangan, dll. Sehingga penggunaan istilah budidaya perairan adalah istilah dengan makna yang lebih luas daripada budidaya perikanan. surat itupun ditujukan ke kepala badan kepegawaian dan diklat daerah kabupaten soppeng.

Menurut kabar sarjana perikanan, tidak hanya budidaya perairan dan perikanan yang pernah menjadi kasus dalam seleksi PNS. Istilah pemanfaatan sumberdaya perairan dan penangkapan ikan kabarnya juga menjadi masalah dalam seleksi berkas PNS.

Filosofi Budidaya Perairan

Budidaya perairan adalah usaha membudidayakan/melestarikan organisme yang liar hidup di alam perairan menjadi organisme yang dapat dibudidayakan/kultur. Lantas mengapa harus menggunakan istilah perairan bukan perikanan. alasannya dalah dalam budidaya perairan, yang dipelihara pada prinsipnya adalah lingkungannya dalam hal ini airnya. Jadi apapun organismenya jika air sebagai media hidupnya tidak sesuai, maka usaha budidaya dapat dipastikan gagal. Disinilah fungsi hadirnya mahasiswa budidaya perikanan. amanah dan tanggung jawab besar bagi mahasiswa budidaya perairan dalam usaha menjaga setiap oganisme di perairan baik flora maupun fauna agar terhindar dari kepunahan. Jadi bukan hanya mengejar keuntungan semata. Selanjutnya dalam perairan bukan hanya ikan, udang, ataupun kerang saja yang dibudidayakan. Tapi selain itu ada parasit, pakan, lingkungan budidaya yang harus diperhatikan dan tumbuhan air lainnya. Jadi ketika menggunakan istilah perikanan cakupannya terdengar sempit. Padahal mahasiswa budidaya perairan dituntut untuk berpikir dan berwawasan luas untuk menemukenali setiap organisme perairan agar dapat dilestarikan dengan jalan budidaya agar tidak ada organisme perairan yang punah. Selain itu kebutuhan akan pangan manusia di dunia pun tetap terpenuhi.

Salam budidaya...

Perfecto presento by aquaculturo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Istilah-Istilah Perikanan

Faktor Pembatas dan Lingkungan Fisik

Energi dalam Ekologi