Ikan sebagai makanan otak

Ikan; Makanan Otak

Secara tradisional ikan dianggap sebagai “makanan otak”, dan penelitian oleh professor Michael Crawford, direktur institute for brain chemistry and human nutrition, mengukuhkan asumsi ini. Sekitar 60 persen itak dibangun dar lemak (lipid) atau caira khusus, yang sebagian besar tidak dapat diproduksi sistem kita sendiri tetapi harus diambil dari rantai makanan. Sumber utama lemak esensial ini adalah ikan. Lebih jauh Crawford mengetengahkan teori bahwa perkembangan kecerdasan manusia dan jenius sebagian besar disebabkan perkembangan masyarakat di sekitar danau, sungai, dan pantai, tempat tersedia banyak makanan otak esensial ini.

Sebagian bsar makanan yang disebutkan sebagai pola makan dasar yang sehat mengandung berbagai zat yang baik untuk otak (apa yang baik bagi otak akan juga baik bagi tubuh!) otak dan system saraf diberi gizi oleh asam-asam amino tertentu (kostituen protein), vitamin B kompleks, lemak esensial yang banyak ditemukan dalam ikan, dan mineral sodium, magnesium, zat besi, dan seng. Setiap pola makan yang sehat harus terdiri atas makanan yang mengandung bahan-bahan gizi esensial ini.

Semakin tubuh anda segar secara aerobic, semakin baik sistem pencernaan mencerna makanan, dan semakin efisien serta efektif darah dapat mengirim bahan gizi ke seluruh tubuh dan otak.

Sumber : buku mind map by tony buzan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Istilah-Istilah Perikanan

Faktor Pembatas dan Lingkungan Fisik

Energi dalam Ekologi