Pengaruh salinitas terhadap pembuahan

Menjawab pertanyaan dari saudara angga :

angga : ada yang tau pengaruh salinitas terhadap pembuahan ga?atw pengaruh salinitas terhadap sperma atw telur..tlg kirim ke email y..thanxs.

terima kasih angga atas pertanyaannya. Singkat saja bahwa salinitas punya pengaruh terhadap pembuahan utamanya perkembangan sel telur. Sebagai contoh adalah ikan salmon. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar dan bermigrasi ke lautan (salinitasnya tinggi), lalu kembali ke air tawar (salinitasnya rendah) untuk bereproduksi. Begitupula sebaliknya dengan spesies katadromous.

Nah sesuai pertanyaan angga. Dimana pengaruhnya.? Untuk melihat pengaruh salinitas terhadap pembuahan, maka kita harus mengetahui proses pembuahan itu sendiri. Angga bisa baca proses pembuahan pada ikan. Punya buku khan ? klo gak punya buku silahkan ke perpustakaan ato langsung aja ke dosen angga yang lebih paham dan gak pelit... he he he.

Nah angga.. biar gak kelamaan jelasinnya: Kita langsung saja pada proses pembentukan kuning telur. Ambil contoh ikan mas. … Setelah fase pembentukan kuning telur pada ikan mas berakhir, sel telur tidak mengalami perubahan bentuk selama beberapa saat, tahap ini disebut fase istirahat (dorman). Apabila “rangsangan” diberikan pada saat ini, maka akan menyebabkan terjadinya migrasi inti ke perifer, kemudian inti pecah atau melebur pada saat pematangan oosit, ovulasi (pecahnya folikel), dan oviposisi. Bilamana kondisi lingkungan tidak cocok dan rangsangan tidak tersedia maka telur dorman tersebut akan mengalami degenerasi (rusak).

Pada penjelasan di atas, digaris bawahi kata rangsangan. Salah satu rangsangan agar pembuahan pada telur ikan adalah salinitas yang sesuai dengan jenis ikan. Inilah yang dilakukan oleh ikan salmon sebagai ikan anadromous begitupula sebaliknya dengan ikan golongan katadromous. Jadi ikan memanfaatkan salinitas sebagai rangsangan agar proses pembuahannya lancar. Jawabannya jelas salinitas berpengaruh terhadap pembuahan.

Mungkin demikian dulu angga. Jika belum paham dan ingin lebih detil silahkan kembali ke kelas bertemu dengan dosen bersangkutan untuk diberi penjelasan.. Sukses buat angga !

Salam

Akuakultur unhas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Istilah-Istilah Perikanan

Faktor Pembatas dan Lingkungan Fisik

Energi dalam Ekologi